Rabu, 31 Juli 2013

CARA MEMISAHKAN VIDEO DENGAN SUBTITLE


kali ini saya akan bahas software kecil yang berfungsi untuk meng-extract audio, subtitle , video dan font yang digunakan dalam sebuah video berformat MKV (Mastroka). Maksud dari ekstrak adalah memisahkan antara video, subtitle, audio dari semula terdapat dari satu file saja menjadi beberapa file yang berbeda.
Perlu diperhatikan bahwa subtitle yang dapat diekstrak kebanyakan dari video MKV. Video berformat AVI atau MP4 tidak dapat diekstrak karena sudah tergabung dengan Video secara penuh (HardSub), namun subtitle di MKV tidak tergabung sepenuhnya (SoftSub). Maka dari itu subtitle yang berada di video MKV dapat kita ekstrak.

Biasanya, software ini digunakan oleh para translator dari sebuah fansub anime untuk mengekstrak subtitle dari bahasa asing lalu diartikan secara manual ke dalam bahasa yang diinginkan. Saya pun sebagai translator Kioku Fansub menggunakan software ini, yang namanya MKVEXTRACTGUI.

Orang yang mengajarkan hal ini terhadap saya memberikan software MKVEXTRACTGUI


Sebenarnya ada versi lebih baru, MKVEXTRACTGUI2, tapi entah kenapa di komputer saya tidak bisa di-Install. But, kita masih bisa menggunakan yang versi lama, Oke langkah-langkah untuk meng-ekstrak subtitle dari video MKV.

Setelah mendownload software yang dibutuhkan, jalankan program “MKVEGUI.exe” dan lihat gambar di bawah:

Langkah pertama, pilih file MKV yang akan diekstrak subtitlenya pada kotak “Browse” yang pertama. Lalu akan muncul data yang bisa diekstrak dari video tersebut, centang yang ingin di ekstrak misal subtitle, maka kita centang yang subtitle. Setelah itu kita tentukan file hasilnya (output) akan ditempatkan dimana dengan kotak “Browse” yang kedua. Lali pilih “Extract“.

Maka akan ada proses seperti ini :
Setelah selesai akan keluar kotak yang memberitahukan kalau proses ekstraksi berhasil, silahkan lihat di direktori output yang sudah diatur tadi, pasti ada subtitlenya.

Nah kalau sudah dapat subtitlenya tinggal di edit menggunakan AegiSub, belum tau cara menggunakannya?

0 komentar:

Posting Komentar

 

Reski Potterr ||. Blogger Designed by Reski Potterr ||. Featured on REG_spasi (Regenerasi Smada Ipa Siji) . © 2013